DFD / Data Flow Diagram

Untuk lebih memudahkan kita dalam merancang sebuah system, terlebih dahulu kita buat DFD/Data Flow Diagram. Dari DFD ini kita dapat membaca proses kerja alat yang dirancang dan akan membantu untuk proses selanjutnya dalam perancangan Flowchart Programnya...  

Data Flow Diagram level 0 yang merupakan uraian lebih terperinci dari sistem yang dirancang. Adapun gambar 3.2 berikut merupakan DFD level 0 yang diuraikan berdasarkan pada context diagram yang dimaksud.
Data Flow Diagram
Dari gambar DFD level 0 di atas dapat dilihat pengembangan dari context diagram yang difokuskan pada pengembangan proses yang terdiri dari 8 proses, adapun penjelasannya  sebgai berikut:

Proses 1.0 adalah proses pengiriman instruksi dari bahasa pemrograman visual basic 6.0 adi penekanan button navigator.

Proses 2.0 adalah proses terima data dari bahasa pemrograman visual basic 6.0 oleh modul program di mikrokontroler dan poses 3.0 merupakan hasi pengolahan data tersebut dikirimkan ke mikrokontroler.

Proses 4.0, 5.0, 6.0, 7.0, 8.0 merupakan proses pengiriman data dari mikrokontroler ke driver motor dan driver buzzer untuk menggerakan masing-masing motor dan membunyikan buzzer.

Sampai jumpa di sesi selanjutnya... :D

Comments